Cara Mudah Membedakan Berita Asli Dan Palsu

Perkembangan teknologi memang selalu di ikuti oleh perkembangan berita - berita hoax, dari sekian banyak pengguna teknologi pasti ada segelintir orang yang menggunakan teknologi ke arah yang tidak baik. Salah satu contoh penggunaan teknologi untuk keburukan adalah untuk menyebarkan berita palsu atau hoax.

Biasanya orang - orang yang menyebarkan berita hoax tersebut memiliki beberapa kepentingan seperti keuntungan untuk mendapatkan uang hingga penyebaran berita hoax untuk menjatuhkan lawan politik bahkan berbagai macam jenis kejahatan lainnya yang disebarkan melalui berita palsu.

Memang pada dasarnya pengguna media sosial di Indonesia susah untuk memilih mana berita yang palsu dan mana berita yang palsu. Bahkan kebanyakan pengguna internet akan menelan secara langsung setiap informasi yang diberitakan. 

Cara mudah untuk membedakan berita asli atau palsu dapat dilihat dari sumber, media terpercaya atau tidak hingga penggunaan domain.

Contohnya media berita yang terpercaya :
  • Kompas.com
  • Liputan 6
  • CNN
  • dll
Tapi ketika banyak berita hoax beredar, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa melihat atau mengecek terlebih tahun berita tersebut melalui website Turn Back Hoax. Pada website tersebut kamu dapat mengetikkan kata kunci yang ingin dicari. 


Contoh : Kata kunci yang akan dicari adalah kata "Ahok".


Pencarian akan mengumpulkan berita hoax yang berhubungan dengan kata "Ahok". Pada halaman tersebut terdapat fitur tambahan seperti terbaru,terpopuler dan teraktif. Jadi jangan menelan setiap informasi secara langsung, tapi lihat dan analisa dahulu setiap informasi yang berserakan di media sosial.

Comments